Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Dosen FSH Raden Fatah Berikan Kuliah di FSH SGD Bandung

Dosen FSH Raden Fatah Palembang, Dr. Muhammad Torik, MA, pada hari Kamis, 18 Maret 2021 menyampaikan kuliah di FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan tema “Urgensi Ilmu Ushul Fiqh Dalam Pembentukan Hukum Islam”. Kuliah yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen ini dilaksanakan secara daring menggunakan media zoom.

Dekan FSH UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang diwakili Dekan I, Dr. H. Syahrul Anwar, M. Ag menyampaikan bahwa perkuliahan dosen tamu ini dilaksanakan sebagai bentuk realisasi MoA antara FSH Sunan Gunung Djati Bandung dan FSH UIN Raden Fatah Palembang. Kegiatan kerjasama ini akan terus dikembangkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain, terutama terkait kerjasama akademik demi kemajuan kedua lembaga tersebut.

Dalam kuliahnya, Dr. Muhammad Torik, MA menjelaskan bahwa Islam adalah agama yang berorientasi kepada kemaslahatan manusia, dan maslahat akan terwujud dengan adanya aturan-aturan (hukum). Pada masa Nabi masih hidup, problem yang membutuhkan keputusan hukum dapat diputuskan secara tuntas. Akan tetapi, setelah masa kenabian dimana al-Quran dan Hadits sebagai sumber hukum tidak turun lagi di satu sisi, dan kompleksitas permasalahan kehidupan yang tetap membutuhkan keputusan hukum, maka ilmu Ushul Fiqh sebagai suatu metodologi pembentukan hukum Islam menjadi sangat dibutuhkan sehingga kemaslahatan tetap dapat diwujudkan.

baca juga >> 118 Mahasiswa HPI Ikuti Kuliah Ilmu Ushul Fiqih dari Dosen UIN Palembang